Cara Tepat Basmi Nyamuk

Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (PPBB) Kementerian Kesehatan, dr. Rita Kusriastuti, M.Sc., menjelaskan, ada beberapa jenis nyamuk yang bisa menimbulkan penyakit pada manusia.

Kelompok pertama, nyamuk Aedes yang aktif di siang hari dan dikenal sebagai nyamuk belang. Mereka gemar hinggap di tempat-tempat gelap dan gantungan baju. Contohnya, nyamuk Aedes Aegypti yang menyebarkan penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan Aedes albopictus yang menyebarkan penyakit Chikungunya. “Nyamuk Aedes juga bisa membawa penyakit Japanese Encephalitis, sejenis infeksi pada otak,” kata Rita.

Kelompok kedua adalah nyamuk Anopheles yang aktif pada malam hari dan dikenal sebagai nyamuk malaria. “Nyamuk Anopheles memang nyamuk yang membawa penyakit malaria. Jenisnya sangat banyak, namanya pun bermacam-macam,” lanjut Rita. Nyamuk Anopheles ini biasanya aktif dan menggigit mulai senja sampai subuh.

Tempat berkembang biak nyamuk Anopheles pun bermacam-macam. Di antaranya sawah, pantai, pegunungan, sungai aliran lambat, sungai aliran cepat, tempat lembab. Mereka biasanya hinggap atau beristirahat di dinding, satu meter di atas tanah, dan biasanya lebih suka dinding papan..

Kelompok berikutnya adalah nyamuk Mansonia (nyamuk kebun) dan Culex (nyamuk got). Mereka biasanya keluar di malam hari dan bisa dikenali lewat bunyi berdenging seperti “nging-nging”. Selain DBD, Chikungunya, dan malaria, keempat kelompok ini juga merupakan pembawa penyakit kaki gajah. “Mereka bisa membawa cacing di dalam tubuhnya. Dan, kalau cacing ini masuk ke tubuh manusia melalui gigitan, maka bisa timbul penyakit kaki gajah,” kata Rita.

Sumber : http://tabloidnova.com/Kesehatan/Umum

Safira Cemerlang merupakan sebuah layanan di bidang Jasa One Stop Service Care, Jasa Pest Control, yang menangani masalah Hama, meliputi : Nyamuk, Kecoa, Semut, dan Tikus yang bagi sebagian masyarakat binatang-binatang tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Biarkan petugas Kami menangani dan mengendalikan masalah Hama tersebut secara continue di kantor Anda bekerja.

Segera hubungi Kami.

(Visited 118 times, 1 visits today)